Senin, 12 Oktober 2015

Patchwork Bedding

Semenjak novel Twilight Saga karya Stephenie Meyer difilmkan, saya nge-fans berat sama hal-hal yang berkaitan dengan film ini, terutama aksesoris atau pernak-pernik, apalagi kalo bisa dibuat dengan tangan (handmade crafting).

Salah satu yang masih saya senangi dari Twilight adalah T-Shirt Quilt-nya Bella Swan yang merupakan hadiah dari Renee (mama'nya) hadiah kelulusan berupa selimut "perca" (tempelan-tempelan beberapa kain aneka gambar/motif). Selimut ini pertama kali muncul di sekuel ketiga Twilight Saga, yaitu Eclipse.

 Renee said: "Congraduation"
the one of my favourite scene...a-haa...;-*

Terinspirasi dari selimut-nya Bella tersebut, akhirnya saya mulai eksperimen membuat patchwork bedding dengan menggunakan bahan-bahan yang ada.

Berikut ini beberapa hasil eksperimen saya

Greeny Batik - 2 tones Blanket
 
Cow Nite - 2 tones Blanket 

Bottom side - Cow Nite Blanket
Doraemon Envelope - 2 tones Blanket
  
Fido Dido - 2 tones Blanket

Owl Tree Pink Square - Bed Sheet
Tutti Fruity Owly - Bed Sheet


Bedding yang saya buat terdiri dari: sprei(bed sheet), selimut(blanket)/bed cover, kantong tidur(sleeping bag).

Ukuran bedding yang dibuat, disesuaikan dengan ukuran standar tempat tidur yang ada di Indonesia, yaitu terdiri dari 3 (tiga):

Single (120 x 200 cm) atau No.3
Queen (160 x 200 cm) atau No. 2
King (180 x 200 cm) atau No.1

Saat ini saya sedang menyukai 2 tones (2 sisi) bedding, terutama untuk selimut atau bed cover, supaya bisa "side A"/"side B" aja sih...hehe...jadi ga bosen...:D

Untuk bahan-bahan Upper(sisi atas) biasanya saya menggunakan kain bahan sprei, sedangkan untuk Bottom (sisi dalam) saya lebih senang memilih bahan-bahan yang lebih lembut, seperti katun dan kaos. 

Bahan kaos biasanya banyak saya aplikasikan pada sleeping bag, supaya lebih adem/lembut, sehingga si pengguna dapat tidur dengan nyaman. Sedangkan bagian atas/luar, menggunakan bahan sprei, karena biasanya serat kainnya lebih rapat, sehingga dapat menahan udara dingin dari luar badan.

Motif-motif patchwork yang tersedia hingga saat ini, yang sudah dibuatkan katalognya dikelompokkan berdasarkan ukuran patchwork, yaitu:

40 cm x 40 cm
40 cm x 60 cm
60 cm x 60 cm

* Katalog motif lebih lengkap dapat dilihat pada postingan terpisah, dan akan diusahakan untuk di-update sesuai dengan ketersediaan bahan yang baru.

Dengan patchwork yang tersedia dapat dibuat berbagai kreasi bedding dengan beberapa pilihan pola sesuai dengan ukuran bedding (single, queen, king). Lebih lengkap mengenai pola ini dapat dilihat pada postingan berikutnya.

Happy patchworking...;-) 











Tidak ada komentar:

Posting Komentar